Tersiar Hotel Jemaah Terbakar, Ternyata Cuma Kardus

By Admin

nusakini.com--Tersiar kabar kalau ada hotel jemaah haji Indonesia yang terbakar. Bahkan, beredar informasi kalau sampai ada sekira 600 jamaah yang dievakuasi.  

Kepala Daker Makkah Nasrullah Jasam mengklarifikasi kabar yang beredar. Menurutnya, bukan terjadi kebakaran hotel jemaah haji Indonesia, tapi kardus terbakar karena putung rokok yang dibuang sembarangan. 

"Ada jemaah merokok, puntung rokoknya dibuang ke kardus yang berisi sampah. Kebetulan di atasnya ada kain ihram jadi terbakar. Namun sudah langsung dipadamkan," ujar Nasrullah, Makkah, Senin (21/08).  

Nasrullah memastikan tidak ada jemaah yang menjadi korban. Peristiwa yang terjadi di Rabawi Mina Hotel (608) yang ada di sektor 6 itu juga tidak menimbulkan kerugian. "Ada jamaah yang panik dan ke lobi," imbuhnya. 

Akan hal ini, Nasrullah minta para Kepala Sektor dan Korwil untuk tetap waspada dan memantau kejadian di lingkungan sekitarnya. Dia meminta agar setiap peristiwa bisa segera dilaporkan ke Daker, karena kenyamanan dan keselamatan para jemaah harus diutamakan. 

Nasrullah juga berharap para jemaah dapat mematuhi segala peraturan yang berlaku, misalnya: dilarang memasak nasi di dalam kamar, membuang puntung sembarangan dan manfaatkan tempat penyeberangan yang sudah ditentukan guna menghindari kecelakaan.  

“Jelang puncak haji, kita minta jemaah untuk menghemat energinya. Gunakan fasilitas masjid di hotel untuk melakukan ibadah agar puncak haji nanti kondisinya fit sehingga bisa melaksanakan wukuf dengan baik. Semoga jemaah haji kita selalu sehat wal afiat,” harapnya. (p/ab)